Alasan terbesar yang menyebabkan orang tidak pernah maju adalah malu untuk berubah...

Selasa, 01 Januari 2013

Tahun Baru



Tak terasa sudah memasuki tahun 2013. Rasanya belum lama berada di tahun 2012, sekarang sudah berganti tahun lagi. Tadi saja menuliskan tanggal hari ini, masih saja dengan tahun 2012 di akhirnya. Yahhh.. maklumlah baru hari pertama di tahun baru ini. besok-besok juga akan terbiasa.. hehe..

Hm.. flashback sedikit ke belakang.. rasanya banyak hal yang telah terjadi dan terkenang indah di tahun lalu. Kuliah, sahabat, percintaan (masa?), semuanya terangkai indah menjadi sebuah memori yang tak kan terlupakan. Banyak juga kesedihan, kekecewaan yang sekiranya di tahun-tahun mendatang bisa terbayar dan tergantikan dengan banyak senyum lebar dari mereka yang care dan sayang sama Ummy. Yah, mulai dari awal hingga penghujung tahun lalu, semuanya memang serasa begitu singkat. Sedikit ada penyesalan juga ketika sebuah mimpi besar belum mampu aku wujudkan. Sedih rasanya. Tapi buat apa berlama-lama bersedih dan kecewa. Di satu sisi, inilah pasti pilihan terbaik yang ALLAH berikan, sementara di sisi lain, saya memang masih merasa belum layak dan pantas untuk mendapatkan kesempatan itu. Masih banyak hal yang belum saya miliki. Masih banyak hal yang belum membuat saya pantas ada di posisi sama dengan teman-teman saya yang berhasil mendapatkan kesempatan itu. Yah, belum saatnya. 

Beberapa saat kesedihan itu memang masih tetap terbit terbenam di hati. Kadang, penyesalan bahwa kenapa saya tidak bisa sekuat teman-teman dengan segala bentuk usaha mereka. Kenapa saya tidak berjuang seperti mereka? Sepertinya memang saya mesti banyak belajar dan mengintrospeksi diri ya Rabb. Saya belum sekuat dan setangguh mereka. Saya lebih santai dibandingkan mereka. Saya seharusnya lebih keras lagi berjuang kemarin. Tetapi bukankah ALLAH sudah tahu yang jauh lebih kita butuhkan, bukan yang kita inginkan? Yah, berpikir tentang kesedihan dan segala bentuk kekecewaan terhadap diri sendiri ternyata sangatlah menyita waktu. Seharusnya saya tidak boleh terlalu berlarut-larut. Masih banyak hal lain yang mesti dilakukan dan diselesaikan tahun ini. termasuk mencoba kembali mimpi yang belum sempat terwujud itu. Masih boleh kan ya Rabb? Masih boleh kan ummy berusaha? Masih ada kan waktu tuk memperbaiki semuanya? Ummy ingin belajar lebih keras lagi, lebih disiplin lagi ya Rabb.. 

Hari ini, hari pertama di tahun 2013. Rasanya terlalu kekanak-kanakan jika masih membahas hal itu lagi. Terlalu lebay jika terus larut dalam kesedihan dan kekecewaan. Semuanya tidak akan mengembalikan keadaan menjadi yang aku inginkan kan? Bukankah berpikir ke depan itu yang lebih penting sekarang? Kegagalan dan kesedihan kemarin cukup menjadi pelajaran dan pelecut semangat lagi agar di tahun ini dan tahun-tahun mendatang tidak terulang lagi dan hal yang lebih indah lah yang terjadi. Ummy tahu ummy harus belajar lebih giat, belajar banyak hal.

Hmm.. 2013, ingin membuka tahun ini dengan melakukan banyak hal yang positif. Kembali mengejar mimpi yang belum tercapai, dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Rasanya harus mulai mengatur jadwal harian lagi dan mematuhinya dengan baik. maklumlah kemarin masih sering lalai dari jadwal yang saya buat sendiri. Rasanya harus belajar banyak dari seorang teman di sini. Cara dia mengatur jadwal dan mematuhinya dengan baik patut dicontoh. Yah, walaupun dia kadang agak sulit berbaur dengan teman yang lain. Tetapi itu ga penting, yang penting kedispilinan dia patut untuk dicontoh. Masih banyak lah orang lain di sekitar kita yang patut dicontoh kedisipilannnya dan hasilnya, mereka memang berhasil. Saya ingin memilih jalan yang mereka tempuh. 

Teringat kembali dengan resolusi tahun ini. sempat bertanya ke beberapa teman apa resolusi mereka tahun ini. eh, ternyata saya sendiri belum benar-benar memikirkannya. Apa yah? Kuliah berjalan lancar… iya.. bisa selesai awal tahun depan.. aamiin.. bisa bertemu jodoh.. boleh ga yah?? Insya ALLAH tahun ini juga ingin prepare buat coba-coba daftar kembali beasiswa ke luar negeri tahun depan setelah selesai kuliah di sini. Semua yang baik lah tentunya. Yang pasti harus bisa menjadi manusia yang lebih baik dan berguna bagi sesama. Menjadi muslimah yang lebih baik lagi. Insya ALLAH tahun ini tidak akan melepas-lepas jilbab lagi dan lebih rutin mengikuti kajian. Insya ALLAH.. semoga bisa menjadi anak yang lebih baik lagi buat orang tua. Ya Rabb, sayangi dan lindungilah keduanya, juga adik-adik hamba. Berilah kesempatan kepada hamba untuk bisa membahagiakan mereka ya Rabb..

Yuk.. membuka tahun ini dengan jiwa yang lebih lapang, penuh rasa syukur, tetap istiqomah, dan berjalan di koridor ALLAH. Kabut kemarin,,, akan menjadi pelangi yang indah.. mari berusaha!!
^_~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar